PO's Note: Evaluasi Pertama

Sepertinya sudah cukup lama saya tidak menulis di kolom Master. Walaupun memang ada beberapa kesibukan lain, terlebih menyiapkan UAS, semestinya tidak boleh dijadikan alasan. Saya tidak boleh berhenti menulis. Karena inilah cara saya untuk berbagi. Mumpung menulis masih gratis.

Di bulan Desember lalu panitia Master FEUI bersama dengan pengurus YABIM melakukan rapat evaluasi paruh pertama program. Rapat ini membahas kegiatan belajar-mengajar Master FEUI yang sudahmelewati semester pertama. Di rapat itu juga dihadirkan perwakilan dari pihak siswa, baik yang regular maupun intensif. Mereka stakeholder utama program ini.

Kami mencoba mengulik berbagai permasalahan yang terjadi selama satu bulan periode.  Para siswa reguler menyayangkan waktu pembelajaran yang terlalu sebentar (17.00-18.10). Itupun terkadang terpotong apabila pengajar mengalami hambatan saat menuju terminal depok seperti hujan atau ada kuis/kuliah tambahan di kampus. Menanggapi hal ini kami para panitia bersedia untuk memberikan tambahan pelajaran di luar jadwal dengan kesepakatan pengajar. Apabila pengajar tidak ada kesibukan yang mengharuskan pulang, mereka dapat meneruskan pembelajaran setelah maghrib. Selain itu para peserta didik dapat membuat janji khusus apabila ingin mendapatkan materi tambahan.

Pihak YABIM dirasa perlu lebih merekatkan diri dengan BEMFEUI sebagai induk program dari Master FEUI. Kegiatan ini bukan sebatas program kerja, ada tanggung jawab moral di dalamnya. Ikatan persaudaraan dan tali silaturahmin harus dijaga erat. Untuk itu kami mengagendakan di semester selanjutnya acara temu pengurus YABIM bersama panitia Master dan pengurus BEM FEUI. Kami juga saling bertukar informasi mengenai kepengurusan di lembaga masing-masing beserta tugas dan fungsinya. Diharapkan koordinasi antar pihak terjaga baik dan lancar.

Beberapa jadwal pengajar juga perlu dibenahi.  Ada pengajar yang mengalami perubahan jadwal kuliah sehingga berbentrokan dengan  jadwal mengajar. Selain itu mekanisme perubahan pengajar juga harus diperjelas. Pengajar yang izin berhalangan hadir harus mencari pengganti dan mengkonformasi kepada penanggung jawab mata pelajaran masing-masing sehari sebelum jadwal.

Di bagian akhir rapat, kami membahas masalah siswa didik yang bermasalah dalam kehadiran di kelas. Untuk siswa regular yang beberapa kali membolos akan diberi teguran langsung dari pihak YABIM. Namun ada satu siswa intensif yang kurang perform dalam pembelajaran. Ia sibuk dengan pekerjaannya di tempat sablon dan beberapa sambilan lain. Cukup berat bagi kami memutuskan bahwa ia harus diganti dengan yang lain. Bukan berarti ia tidak layak mengikuti program, tapi kami mencoba memberi kesempatan padanya untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Perjuangan menembus SBMPTN dan SIMAK cukup berat. Oleh karena itu peserta didik harus fokus dalam mengikuti kegiatan Master FEUI ini.

Cukup banyak PR yang harus kami selesaikan. Tapi saya senang. Setidaknya dengan evaluasi ini kami tahu kekurangan-kekurangan yang dilihat dari berbagai sisi. Sehingga kami bisa memperbaiki diri untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didik Master FEUI.

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

"Baik Baik Saja"

Hai Kamu

Laksana Hujan