PO's Note: Menulis (itu) Seru

Seminggu sebelum UAS, banyak materi yang harus dikejar, banyak tugas yang harus diselesaikan. Tapi boleh jadi yang saya butuhkan justeru ketenangan, refreshing. Dan waktunya pas sekali karena hari minggu ini ada grand team building Master FEUI. Semua panitia dan murid berkumpul bersama untuk senang-senang. Kesampingkan dulu tuntutan kerjaan, sejenak lupakan dulu materi pembelajaran. Sekarang saatnya menikmati kebersamaan.

Pukul 08.30 berangkat dari stasiun Universitas Indonesia menuju stasiun Depok Baru yang memang berdekatan dengan Terminalnya, terlepas keduanya terintegrasi atau tidak. Kami berkumpul di Aula YABIM untuk saling berkenalan. Alih-alih bersalaman dan saling menyebutkan nama. Kami justeru berkenalan lewat permainan. Setiap orang harus menebak nama yang ditempekan dipunggungnya dengan menanyakan pada orang lain. Saya menggerutui diri saya yang susah menghafal nama. Menghafal wajah rupanya jauh lebih mudah.

Setelah itu kami melakukan beberapa games yang dipandu anak-anak HRD. Permainan berlangsung seru dan ramai.

Setelah shalat, istirahat, dan makan, kami berkumpul di ruang kelas untuk kegiatan selanjutnya, pelatihan penulisan. Saya melihat mereka sedikit kaget ketika mengetahui bahwa pembicara yang memandu pelatihan ini adalah saya sendiri. Sebetulnya saya juga kaget ketika diminta untuk melatih. Saya masih jauh untuk bisa dikatakan 'bisa' menulis. Mungkin masih dalam taraf 'suka' menulis. Tapi saya niatkan saja untuk berbagi pengalaman menulis. Sedikit banyak, semoga bermanfaat.

Pelatihan saya mulai dengan sebuah pertanyaan. Apa itu menulis? Proses menuangkan informasi yang ditangkap indra melalui tulisan? Saya tidak ingin mempersempit definisinya. Mungkin video berikut bisa memancing pemahaman kita akan menulis.

http://www.youtube.com/watch?v=XVY4DeAvnfI

Kenapa kita menulis? bagi saya, setiap orang mempunyai hasrat untuk mengekspresikan diri, mengajukan pendapat, mengutarakan ide dan gagasan. Selain  itu banyak manfaatkan yang bisa didapatkan/diberikan dengan menulis. Dengan menulis kita bisa mengaktualisasikan diri, berbagi kisah, menambah relasi, mendidik, mencerahkan, berdakwah, hingga memperlancar arus kas pendapatan. Dengan menulis kita juga bisa lebih memahami ilmu. Rasulullah pernah bersabda, "Ikatlah ilmu dengan kitab (dengan menulisnya)" [Hadits shahih dengan keseluruhan jalannya sebagaimana diterangkan oleh Al-Albaaniy dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 2026]

Orang boleh pintar setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.

-Pramoedya Ananta Toer-

Bagaimana cara menulis? Kita semua sudah belajar menulis sejak kecil. Tinggal bagaimana  membuat tulisan kita lebih berarti dan menarik. Saya memberikan beberapa tips dalam menulis yang saya dapat dari training yang pernah dulu saya ikuti

1.  Memperbanyak membaca akan memperkaya kosa kata untuk mendukung penyampaian.

2.  Lakukan research! Pembaca memiliki rasionalitas yang susah ditawar.

3.  Cari inspirasi dari lingkungan sekitar melalui mendengar, melihat, mencium, mengecap, menyentuh, dan merasakan.

4.  Ambil sudut pandang yang menarik. Beda dari yang lain.

5. Sesuaikan dengan warna menulismu. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti warna orang lain

6. Jangan pernah berhenti bertanya.

7. Lakukan saja. Just do it!

Dalam menulis kita tidak boleh egois. Ada pembaca yang perlu diperhatikan. Kita harus mampu membuat pembaca merasa berada di alam yang kita pikirkan. Oleh karenanya, tulisan kita harus menggambarkan (showing) alam pikiran itu, bukan sekedar menceritakan (telling). Jika menggunakan teknik telling kita biasa menulis, "wanita itu menangis". Ini akan lebih bagus dan menyentuh bila menggunakan showing, "tak sampai hati aku melihat air matanya jatuh." Di situ juga kita melibatkan pembaca dengan alam perasaan penulis.

Di sela-sela pelatihan saya menampilkan video yang cukup menarik. Isinya tentang bagaimana memainkan kata agar bisa menggambarkan kondisi yang lebih menyentuh.

http://www.youtube.com/watch?v=Hzgzim5m7oU

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Memperjuangkan

Luka

Rembulan Malam Ini