PO’s Note #1: Berjuang untuk Mimpi

Beberapa bulan lalu saya membaca buku karangan Dahlan Iskan yang berjudul Dua Tangis dan Ribuan Tawa. Dari buku yang menceritakan pengalaman beliau selama menjadi CEO PLN tersebut, saya terinspirasi untuk membuat catatan kecil dalam perjalanan saya mengemban amanah sebagai Project Officer MASTER FEUI. Jauh panggang dari api. Tentunya apa yang saya bawa ini masih jauh dibanding tanggung jawab beliau untuk memastikan nyala bola lampu di setiap penjuru negeri. Namun, selain sebagai upaya pertanggungjawaban publik, setidaknya saya bisa berbagi kisah atas apa yang akan saya dan para pejuang MATER FEUI lakukan setahun ke depan. Entah apakah itu inspiratif, melankolis, atau sekedar provokatif, saya menganggap bahwa setiap kisah tentu punya ibrah untuk dipelajari.

***

Kisah ini dimulai di ruang belajar perpustakaan FEUI. Setelah saya menutup kelas belajar intensif MASTER dan sedikit memberi semangat pada Perez dkk, saya mencari tempat duduk yang nyaman dekat situ. Entah berapa kali mengetuk meja dengan jemari, mengganti posisi duduk, dan menggaruk kepala, saya masih belum bisa menemukan alasan. Alasan mengapa saya harus mengajukan diri saya menjadi seorang Project Officer MASTER FEUI tahun ajaran 2013/2014.

Seminggu sebelumnya, beberapa teman, pengurus BEM, serta pengurus MASTER periode 2012/2013 mendorong saya untuk maju. Tapi saat itu saya masih belum bisa memberikan kapastian. Saya merasa masih ingin meluruskan niat untuk mengmban amanah yang berat itu.

MASTER (Masjid Terminal) FEUI merupakan sebuah kegiatan yang berupaya memberikan akses pendidikan bagi mereka yang termarjinalisasi. Tanpa haus akan apresiasi, satu dari begitu banyak kepanitiaan di FEUI ini peduli dengan nasib putra-putri yang kurang mendapat kesempatan mengenyam pendidikan yang layak. MASTER berusaha menggali potensi anak-anak di sekitar terminal Depok yang memiliki motivasi tinggi untuk belajar, karena akan sangat disayangkan bila potensi ini terbuang begitu saja hanya karena keterbatasan finansial. Secara konkrit, MASTER menyediakan bimbingan belajar untuk persiapan UN dan SBMPTN.

Setiap anak berhak bermimpi dan memperjuangkan mimpinya. Namun di sekitar kita masih banyak yang belum mendapatkan hak tersebut. Tak semestinya mimpi anak-anak itu tergerus dengan kerasnya kehidupan jalanan. Di sinilah sistem pendidikan seharusnya mengambil peran konkrit. Pendidikan mempunyai andil yang besar dalam proses mimpi itu, mulai dari pembentukan mimpi itu sendiri hingga upaya pencapaiannya. Dan ujung usaha dari MASTER adalah memfasilitasi pendidikan yang layak untuk membantu mereka memperjuangkan mimpi yang telah mereka gantungkan setinggi mungkin.

Sesaat berlalu, saya masih termenung di bangku itu. Hingga pada ujung kesimpulan, saya merasa tidak seharusnya saya mencari-cari alasan untuk terus melanjutkan kegiatan positif ini. Terlalu oportunis bila saya mengharapkan sesuatu untuk diri saya sendiri pada kegiatan ini. Mengambil istilah Anis Baswedan, “mendidik adalah tanggung jawab setiap yang terdidik.” Saya merasa ini sudah merupakan keharusan bagi diri saya.  Terlebih menyandang status sebagai mahasiswa, inilah bentuk aktualisasi dari pengabdian masyarakat yang menjadi salah satu pilar tri dharma perguruan tinggi.

Butuh waktu sebulan  bagi saya untuk membentuk tim yang mau memperjuangkan MASTER FEUI ini. Namun saya yakin tim ini mampu membawa amanah dengan baik. Di lapisan Pengurus Inti saya ditemani oleh Irman Faiz (Vice po), Abidah Rahmah (Secretary), Nurul Atika (Treasurer). Dan para punggawa Badan Pengurus Harian, Abigail dan Nita (Curricullum), Siva dan Erita (HRD), Wening dan Jong (HPD), Edith dan Nur (Finance).

Dan dengan laporan hasil bidding tertanggal 14 Juni 2013 yang telah ditandatangani ketua BEM FEUI, Ma'rifatul Amalia, pengurus MASTER FEUI tahun ajaran 2013/2014 resmi terbentuk. Nilai 75,843 yang tertera di situ akan menjadi modal kami untuk perjuangan setahun ke depan. Dan saya, Pyan Amin beserta seluruh jajaran pengurus akan berusaha sekuat tenaga merealisasikan selogan kami, “Berjuang untuk Mimpi”.

logo

Comments

  1. pyan! this is really something! :D
    semangat selalu ya untuk menjalankan kegiatan bermanfaat seperti ini! (9^o^)9

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Memperjuangkan

Luka

Rembulan Malam Ini